mengajari anak cinta rupiah

Tips Melatih Anak Untuk #CintaRupiah

Tegal Corner Review

Cinta Rupiah – Yang namanya anak-anak pasti ngegemesin. Ada-ada saja tingkah mereka, mulai dari yang bikin ketawa hingga bikin terharu. Semua itu mereka lakukan dengan spontan tanpa dibuat-buat. Begitupun ketika mereka melakukan kebiasaan, terkadang seong anak berperilaku atau bahkan memiliki kebiasaan yang sama persis dengan orangtuanya.

Hal ini dikarenakan sifat anak-anak yang gemar meniru perbuatan orang-orang disekeliingnya, terutama perbuatan orangtuanya. Begitu pula dengan perilaku cita rupiah. Seorang anak minim kemungkinannya bisa mencintai rupiah apabila orangtuanya tidak mengajarkan dan memberikan contoh untuk mencintai rupiah. Anda sebagai orangtua tentu berharap bila anak anda dapat menghargai dan memiliki rasa peduli terhadap rupiah. Karena jika anak anda cinta terhadap rupiah maka anak anda akan lebih menghargai dan bijak dalam menggunakan uang.

Lantas bagaimana apabila anak anda ternyata belum mencintai rupiah? tenang anad tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan tips agar anak anda mencintai rupiah.

1. Berikan edukasi mengenai pentingnya rupiah secara sederhana. Dunia anak-anak sangat identik dengan musik dan lagu. Nah anda dapat memutarkan lagu anak yang berjudul aku cinta rupiah agar anak anda paham tentang pentingnya rupiah. Dengan memutar lagu tersebut anda telah memberikan edukasi cinta rupiah kepada anak anda.

2. Berikan contoh nyata. Anak-anak akan mudah diberikan pengertian mengenai cinta rupiah dengan pemberiaan contoh secara nyata. Jadi bila anda menginginkan anak anda mencintai rupiah andapun harus mencintai rupiah. Salah satu contoh nyata yang dapat anda lakukan adalah dengan tidak melipat dan meremas uang rupiah. Lakukan hal tersebut didepan anak anda secara berulang-ulang. Serta berikan penjelasan kepada anak anda agar tidak melipat dan meremas uang rupiah.

3. Jangan biarkan anak membuang uang receh. Uang receh terkadang memang dianggap sepele. Dan terkadang dibuang begitu saja. Namun tahukah anda bahwa uang receh tersebut akan menjadi uang kertas bila anda kumpulkan menjadi satu dan anda tukarkan di bank. Satu juta rupiah tidak akan lengkap apabila kurang seratus rupiah. Jadi jangan biarkan anak anda membuang uang receh.

4. Berikan anak anda tabungan tersendiri di bank. Untuk membangkitkan rasa cinta rupiah, anda dapat membuatkan rekening tabungan untuk anak anda. Dengan memiliki tabungan sendir, anak-anak akan lebih menjaga uangnya dan tidak akan lagi membuang uang receh. Dengan menyetorkan uang ke bank, berarti anak anda akan terhindar dari perbuatan mencoret, melipat, melubangi, meremas uang dan tindakan perusakan uang yang lainnya, karena uang mereka telah ditabungkan ke bank.

Itulah beberapa tips yang dapat anda coba, agar anak anda mencintai rupiah.

 

 

Foto : Pexels

(Visited 91 times, 1 visits today)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *