uang rupiah

Sebarkan Uang Layak Edar #CintaRupiah

Tegal Corner Review

Cinta Rupiah –  Di Indonesia bukan hal yang asing rasanya jika kita melihat uang rupiah yang sudah sangat tidak layak pakai. Robek, lusuh, dan banyak coretan adalah salah satu contoh dari keadaan rupiah yang kini tersebar luas. Banyak dari kita yang tidak perduli akan hal ini, banyak pula yang menganggap hal ini bukanlah hal penting, itu semua karena kurangnya rasa cinta terhadap rupiah. Lalu bagaimana agar masalah ini bisa di atasi?

Pertama dengan kita mengetahui hukum yang sudah di tetapkan atas perusakan pada rupiah, sanksi hukum yang ada di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011, soal mata uang. “Setiap orang yang dengan sengaja merusak rupiah dengan maksud merendahkan (seperti merobek, menggunting) rupiah, dikenakan pidana 5 tahun denda palin banyak Rp. 1 Miliar”

Dengan mengetahui sanksi yang bisa di dapat jika kita sengaja merusak rupiah dengan maksud merendahkan, ini bisa menjadi pencengahan agar tidak ada lagi orang yang melecehkan rupiah dengan cara mencoret, menggunting, dan lainnya.

Cara untuk menghentikan peredaran uang rusak yang kedua adalah dengan menukarkan uang rupiah yang sudah rusak tersebut ke Bank Indonesia. Hal ini layak di coba karena tidak mengeluarkan biaya penukaran alias gratis dari pihak Bank Indonesia.

Adapun aturan aturan yang di tetapkan dalam penukaran uang rusak kertas adalah:
1. Dalam hal fisik uang rupiah kertas lebih besar dari 2/3 ukuran aslinya dan ciri uang dapat dikenali keasliannya.
2. Uang rupiah kertas rusak merupakan satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap
3. Uang rupiah kertas rusak tidak merupakan satu kesatuan dan kedua nomor seri pada uang rupiah rusak tersebut lengkap dan sama
4. Dalam hal fisik uang rupiah kertas sama dengan atau kurang dar 2/3 ukuran aslinya, tidak diberikan peganti.
Dengan menukarkan uang rusak di Bank Indonesia, di harapkan uang rusak yang sudah menyebar luas tidak lagi tersebar. Dan rupiah layak edar pun bisa di jalankan dengan baik.

Jadi, siapkan buat makin cinta rupiah.

 

foto liputan6

(Visited 105 times, 1 visits today)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *