cinta rupiah

Sayangi Dompetmu dan #CintaRupiah

Tegal Corner Review

Cinta Rupiah –  Dompet adalah salah satu tempat untuk menyimpan uang. Bentuknya yang relatif kecil dan praktis dengan banyak ruang penyimpanan di dalamnya membuat dompet menjadi salah satu tempat favorit untuk menyimpan uang. Namun kebanyakan orang tidak mengetahui cara merawat dan menyimpan dompetnya dengan baik. Loh kenapa dompet juga harus dirawat? Ada hubungannya dengan judul kita di atas, sayangi dompetmu, sayangi rupiahmu.

Mari kita mulai bahasan kita kali ini dengan cara menyayangi dompet. Menyayangi dompet dapat ditunjukan dengan cara merawat dan menyimpannya dengan baik. Dompet seringkali dibawa ke luar rumah, dipegang dan ditaruh di tempat yang tidak bersih tentu akan mengotori dompet. Warna alami dompet akan berubah menjadi tidak enak dipandang. Sehingga pada tahap dasar, wujud menyayangi dompet adalah dengan menjaga kebersihannya.

Dilansir dari biopolish.com, untuk membersihkan noda pada dompet dapat menggunakan sabun bayi atau shampoo bayi. Keduanya dipilih karena kandungan detergent dan bahan kimia pembersih lain di dalamnya lebih aman dibanding produk sabun lain. Caranya adalah dengan menyemprotkan sabun atau shampoo yang sudah diencerkan ke kain yang lembut. Usapkan kain tersebut secara melingkar dan perlahan pada area dompet yang kotor. Setelah noda hilang, lap kembali dengan kain lembut yang kering agar menghilangkan sisa-sisa air yang masih menempel. Karena pada dasarnya air yang menempel tersebut justru tidak baik bagi dompet, karena dapat menjadi tempat tumbuhnya jamur. Tumbuhnya jamur di dompet tentu dapat mengkontaminasi uang yang disimpan di dalamnya. Jamur akan mempengaruhi kualitas uang tersebut. Jamur pada permukaan uang akan menghilangkan warna cerah uang atau meninggalkan warna kusam. Dapat pula untuk mencegah tumbuhnya jamur dengan menyelipkan silica gel di dalam dompet.

Tahapan kedua adalah dengan memperhatikan cara menyimpan dompet. Kebiasaan pria biasanya menyimpan dompet di saku belakang. Justru cara ini dapat mengubah bentuk asli dari dompet tersebut karena mendapat tekanan saat kita duduk atau jongkok. Tentu bentuk dompet yang berubah tersebut akan mengubah pula kerapihan uang yang disimpan di dalamnya. Selain itu, cara menyimpan dompet di saku belakang juga rawan hilang, baik karena terjatuh maupun kecopetan. Tentu uang yang disimpan di dalamnya akan turut hilang. Oleh karena itu, lebih baik simpanlah dompet di dalam tas kecil tipe slempang agar lebih aman, lebih praktis, dan menjaga bentuk asli dompet. Uang yang disimpan di dalamnya pun akan tetap rapi.

Tahap ketiga adalah dengan menempatkan atau menyusun uang secara presisi dan rapi. Hal ini penting untuk menjaga bentuk asli dompet dan menjaga agar uang tetap rapi. Jangan masukkan uang terlalu banyak, sehingga dompet mengembang. Selain itu, lebih baik jangan menyimpan uang logam di dalam dompet, apalagi dalam jumlah banyak. Dua hal tersebut justru akan mengubah bentuk asli dompet.

Nah mungkin itu beberapa tips menyayangi dompet sekaligus menyayangi uang. Mungkin hal ini terlihat sederhana, namun sebenarnya penting untuk merawat dompet dan uang agar tetap bersih dan rapi. Silahkan dipraktikan tipsnya. Semoga bermanfaat.

 

foto jakmall

(Visited 120 times, 1 visits today)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *