cinta rupiah

Redenominasi Rupiah yang Lebih Gagah #Cinta Rupiah

Tegal Corner Review

Cinta Rupiah – Dari pertama kali penggunaan Rupiah di Indonesia hingga saat ini nilainya terus menurun jika dibandingkan dengan Dollar Amerika. Percaya atau tidak awal penggunaan rupiah nilainya hanya Rp 3,80 pada tahun 1949. Rupiah terus mengalami penurunan mencapai kisaran anggka ribuan sejak tahun 1985 dan menyentuh belasan ribu pada tahun 1998.

Tahun di mana terjadi krisis moneter yang sangat parah hingga menyentuh Rp 16.000 sehingga pemerintahaan saat itu sangat tidak stabil. Pada masa pemeritahan Presiden Habibie Rupiah kembali turun di bawah Rp 10.000 dan saat ini naik lagi secara konsisten hingga menyentuh angka Rp 13.000. Keadaan perekonimian akan semakin tidak stabil jika nilai Rupiah semakin merosot. Sebagai warga negara Indonesia salah satu wujud bakti terhadap bangsa adalah dengan cinta Rupiah. Menggunakan Rupiah dalam transaksi sehari-hari.

 

Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Gubernur BI Agus Marto, melalui RUU Redenominasi Rupiah ingin segera mengecilkan bilangan atau penyebutan rupiah. Hal ini bukan berarti pemotongan uang atau revaluasi rupiah terhadap valas tetapi semata-mata penyederhanaan bilangan atau hitungan. Nominal uangnya memang berbeda atau lebih kecil namun sama saja nilainya dengan nominal lama yang lebih besar. Masyarakat tidak perlu khawatir dan harus mengganti semua uang lama dengan yang baru secepat mungkin. Penarikan uang lama dapat dilakukan berangsur dan diprediksi akan berlangsung selama lima tahun.

 

Menggunakan nominal yang kecil dirasa dapat memudahkan masyarakat dalam bertransaksi karena tidak perlu menyebut atau menghitung dengan banyak bilangan. Saat ini di toko-toko dan transaksi langsung masyarakat juga sudah terbiasa dengan singkatan Rupiah. Misalkan harga Rp 100.000 hanya disebut dengan 100 dan Rp 9000 dengan hanya menyebut 9. Kebanyakan orang sudah paham dengan maksud singkatan tersebut, sehingga diharapkan masyarakat tidak akan kesulitan atau kaget dengan nominal baru yang lebih kecil. Jika sudah terlaksana maka rupiah akan terlihat lebih gagah dibandingkan dengan Dolar. Jika sebelumya nilai 1 Dollar sama dengan Rp 13.000 maka akan menjadi 1 Dollar sama dengan 13 Rupiah. Diharapkan masyarakat dapat lebih bangga dengan Rupiah dan meningkatkan rasa cinta terhadap Rupiah.

 

foto lintasjari

(Visited 107 times, 1 visits today)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *