pengusaha cinta rupiah

Pengusaha Wajib #CintaRupiah

Tegal Corner Review

Cinta rupiah –  Gerakkan cinta rupiah saat ini sedang digalakan kembali oleh Bank Indonesia sebagai salah satu bentuk upaya penguatan nilai rupiah terhadap dollar. Nilai rupiah dapat melemah terhadap dollar diakibatkan oleh meningkatnya permintaan (demand) valas tersebut di dalam negeri. Sehingga untuk mengurangi permintaan dollar dalam negeri, salah satunya adalah dengan menggunakan uang rupiah sebagai transaksi dan investasi. Program ini tidak ditujukan kepada sekelompok atau individu saya, melainkan harus didukung dan dilaksanakan oleh semua warga negara.

Lantas mengapa pengusaha wajib untuk cinta rupiah? Jawabannya adalah karena sebuah pengusaha dengan perusahaannya pada umumnya sering melakukan transaksi menggunakan dollar. Transaksi yang dimaksud misalnya pembelian bahan baku dari luar negeri, investasi dalam dollar, pemasukkan uang dollar dari wisatawan, dan lain sebagainya. Saat ini pengusaha didorong untuk mengurangi penggunaan dollar dalam bertransaksi.

Pengusaha didorong untuk memanfaatkan semaksimal mungkin bahan baku yang tersedia di dalam negeri. Hal tersebut agar transaksi yang terjadi menggunakan rupiah sebagai alat pembayaran, tidak menggunakan dollar atau valas lainnya, sehingga permintaan valas dalam negeri akan berkurang.

Kemudian pengusaha didorong untuk menginvestasikan modalnya tidak dalam bentuk dollar melainkan dalam bentuk usaha cabang atau usaha baru. Pilihan ini dianggap lebih bijaksana karena dapat mengurangi permintaan dollar atau valas lainnya. Pilihan ini juga dianggap lebih produktif dan dapat memperbanyak lapangan pekerjaan baru. Selain itu, pembukaan usaha baru juga akan semakin meningkatkan produktivitas (baik produk maupun jasa) dalam negeri sehingga atmosfir ekonomi yang progresif akan tercipta.

Cara selanjutnya adalah dengan tidak menerima uang dollar dari wisatawan asing. Biasanya wisatawan asing menggunakan valas sebagai alat pembayaran. Padahal praktik seperti demikian justru akan meningkatkan permintaan dollar dalam negeri. Oleh karena itu, pengusaha harus menghimbau wisatawan asing untuk menukarkan uang asing terlebih dahulu dengan rupiah dan hanya menggunakan uang rupiah tersebut sebagai alat transaksi. Dengan demikian, perolehan devisa negara pun akan meningkat.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pengusaha untuk cinta rupiah. Semua warga negara harus cinta rupiah. Karena dengan cinta rupiah, rupiah akan kuat, dan manfaatnya akan dirasakan oleh semua.

 

foto opstart

(Visited 58 times, 1 visits today)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *