security

Mengenali sistem pengaman pada uang kertas baru #CintaRupiah

Tegal Corner Review

Cinta Rupiah – Pada uang kertas yang baru dirilis 2017 ini, ada beberapa keamanan yang di tingkatkan oleh pemerintah. Ini di lakukan karena banyaknya pemalsuan yang terjadi masyarakat luas. Lalu apa saja pengamanan yang ada di uang kertas baru-baru ini?


1.Latent Image
yaitu adanya tulisan BI yang berada di bawah kiri uang. Logo ini akan terlihat jika kita menggerakkannya ke arah yang berbeda.

2.Rainbow Feature
yaitu saat kita menggerakkan atau melihat mata uang dengan arah yang berbeda maka akan terlihat nominal uang Rp. 100.000 terlihat angka 100.

3.Color Shifting
yaitu logo BI yang berwarna ke kuningan emas, yang ketika di gerakkan ke arah dan dari sudut pandang yang berbeda akna berubah warna menjadi warna hijau.

4.Ultra Violet
yaitu gambar pada uang kertas yang hanya akan terlihat jika di bawah sinar ultra violet

5.Blind Code
ini adalah fasilitas terbaru dari uang kertas rupiah yang di khususkan untuk difabel atau tuna netra, pada sisi kanan dan kiri uang kertas jika diraba maka akan terasa kasar. Perbedaannya bisa dirasakan dari banyaknya garis yang ada pada uang kertas, semakin banyak garisnya maka semakin kecil pula nominal uangnya.

6.Rectoverso
yaitu saat uang kertas di terawang, maka kakan terlihat logo Bank Indonesia secara utuh. Logo ini dapat di lihat di bawah nilai mata uang kertas.

Itulah beberapa keamanan pada uang kertas yang kini baru beredar. Dengan adanya sistem kemanan yang lebih canggih, maka di harapkan peredaran uang palsu tidak lagi dapat di lakukan. Kita sebagai warga negara Indonesia harus terus berupaya sekuat tenaga dalam menjaga keaslian dari setiap lembar rupiah yang kita miliki. Karena apabila uang palsu terus menerus menyebar, maka kriminalitas di Indonesia juga akan meningkat. Maka dari itu kepedulian kita terhadap keaslian uang sangat di perlukan sebagai bentuk dukungan untuk pemerintah dan Bank Indonesia, juga sebagai tanda bahwa kita mencintai rupiah.

 

foto microsoft

(Visited 76 times, 1 visits today)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *