museum

Liburan edukatif bersama buah hati ke museum Bank Indonesia #CIntaRupiah

Tegal Corner Review

Cinta Rupiah – Liburan akhir tahun sudah di depan mata, pasti saat ini Anda dan keluarga sibuk mempersiapkan segala keperluan untuk berwisata. Bagi Anda yang sedang bingung karena belum ada tujuan hendak ke mana, bagaimana kalau ajak si kecil berwisata edukasi ke Museum Bank Indonesia? Selain dapat mengenalkan sejarah uang, Anda juga bisa menanamkan rasa cinta kepada rupiah.

Mengenal Meseum Bank Indonesia

Bank indonesia ini dulunya merupakan sebuah Rumah Sakit milik Belanda, kemudian dijadikan sebagai bank yang bernama De Javasche Bank (DJB), dibangun pada tahun 1828, dan terletak di Jalan Pintu Besar Utara no. 3 Jakarta Barat.

Berbagai informasi mengenai peran Bank Indonesia dalam perjalanan sejarah bangsa hingga sampai pada terbentuknya Bank Indonesia disajikan dalam museum ini. Semuanya dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi dan multi media, juga terdapat berbagai koleksi benda bersejarah yang dipajang secara menarik.

Di Ruang Lobi

Di pintu masuk museum, Anda akan diperiksa oleh petugas keamanan yang memeriksa tubuh Anda dengan alat detector, setelah itu baru masuk ke ruang lobi untuk menuju loket pembelian tiket. Setelah membayar, Anda akan diminta untuk menitipkan tas atau barang bawaan ke tempat penitipan yang telah disediakan, kemudian Anda baru diperbolehkan masuk.

Begitu masuk, Anda akan disuguhi oleh beberapa buah LCD besar yang menayangkan informasi tentang sejarah museum dengan menggunakan layar sentuh yang canggih.

Ruang Peralihan

Dalam ruang ini ada proyektor khusus yang menampilkan uang koin yang melayang, jika uang koin itu ditangkap akan memberikan informasi mengenai sejarah koin tersebut. Ada juga ruang teater yang menjelaskan tentang proses pencetakan dan pendistribusian uang pada zaman dulu.

Ruang Numismatik

Ruang ini merupakan yang paling menarik dibanding ruang lain. Di sini diberikan informasi mengenai sejarah uang sebagai alat tukar dari masa ke masa. Berbagai jenis mata uang dipamerkan, lengkap dengan kaca pembesarnya agar pengunjung dapat melihat detail uangnya dengan lebih jelas.

Anda ingin mencari mata uang apa semua ada, mulai dari uang zaman kerajaan, uang kolonial, uang awal kemerdekaan, uang pemerintah dan Bank Indonesia, uang token dan uang khusus, bahkan koleksi uang dari luar negeri juga ada, baik kertas maupun logam. Semuanya sangat menarik.

Untuk dapat memasuki museum ini hanya dikenai biaya sebesar Rp5.000,00 saja. Jadi tunggu apa lagi? Ayo ajak anak Anda liburan edukatif ke Museum Indonesia agar mereka semakin cinta dengan rupiah.

 

foto tribunnews

(Visited 113 times, 1 visits today)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *