koin rupiah

Koin Rupiah Bentuk Solidaritas Yang Sederhana #CintaRupiah

Tegal Corner Review

Cinta Rupiah – Pernah mendengar atau melihat berita tentang Koin untuk Prita?. Masih teringat jelas pada beberapa tahun yang lalu pemberitaan mengenai Koin untuk Prita yang merupakan bentuk penggalangan dana yang dibantu oleh seluruh lapisan masyarakat yang ingin membantu masalahnya. Mungkin kasus ini yang menjadi pioner dari penggalangan dana yang menggunakan koin rupiah karena ternyata berita ini cukup booming di kalangan masyarakat.

Koin untuk Prita sendiri bermula dari adanya kasus penuntutan saudari Prita Mulyasari oleh salah satu rumah sakit OMNI Internasional Alam Sutera sebanyak Rp. 204 juta. Hal ini dituduhkan pihak rumah sakit sebagai pencemaran nama baik karena keluh kesah Prita terhadap rumah sakit tersebut melalui surat elektronik. Prita mengeluh mengenai perawatan yang dilakukan pihak rumah sakit. Selain itu anaknya yang menderita gondong (mumps) malah didiagnosis sebagai demam berdarah dengue.

Melihat kasus tersebut masyarakat pun bertindak dengan memberikan dukungan dan menggalang dana melalui Koin untuk Prita. Tak dinyana dana yang terkumpul melebihi target yakni mencapai 4 kali lipat lebih. Melihat kenyataan tersebut pihak rumah sakit akhirnya mencabut gugatannya. Sedangkan dana yang terkumpul akhirnya disumbangkan untuk yayasan kepedulian anak dan kesehatan.

Selain kasus yang dialami Prita Mulyasari, ada beberapa kasus serupa yang menggunakan kekuatan solidaritas dari koin-koin rupiah yag digalang oleh masyarakat untuk membantu sesamanya. Beberapa diantaranya seperti Koin untuk Bilqis yaitu kasus balita yang membutuhkan dana sekitar 1 milyar untuk operasi pencangkokan hati, Koin untuk KPK guna pembangunan gedung baru yang belum disetujui alokasi dana anggaran pembangunannya oleh DPR RI. Selain itu ada tahun ini, ada juga kasus serupa yang terjadi pada September kemarin yakni Koin untuk Bobotoh sebagai pembayaran denda sebanyak Rp. 50 juta kepada PSSI atas pelanggarannya mengenai konfigurasi bobotoh yang bertuliskan Save Rohingya.

Melihat banyaknya kasus serupa mengenai penggalangan dana berupa koin-koin rupiah yang notabene bernilai sedikit, tanpa kita sadari tenyata memiliki pengaruh yang besar. Hal ini merupakan bukti bahwa sesuatu yang kecil jika didukung oleh kekuatan solidaritas yang besar maka hasilnyapun akan besar.

Nah, buat kalian yang sering mengabaikan koin recehan ini, sebaiknya mulai menjaga dan merawatnya. Barangkali sewaktu-waktu kalian membutuhkannya baik untuk keperluan sendiri maupun untuk menolong sesama.

 

 

foto : Pexels

(Visited 99 times, 1 visits today)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *