Ketika Merantau Keluar Negeri Apakah Bisa #Cintarupiah ?

Tegal Corner Review

Cinta rupiah – Merantau mungkin menjadi pilihan yang agak sedikit berbeda bagi sebagian orang atau malah menjadi sebuah solusi bagi mereka yang sedang membutuhkan pemasukan dengan jumlah yang sedikit lebih banyak dibandingkan penghasilan di kota asalnya.

Merantau juga merupakan sebuah eksistensi untuk sebuah suku seberapa kuat dan banyak dalam penyebarannya keluar kota asal. Dan yang pasti akan ditemui banyak alasan ketika kita memutuskan untuk merantau. Dan apapun alasannya itu kita akan merindukan detik demi detik kebersamaan di kota kelahiran.

Lalu bagaimana ketika kita merantau di luar negara kita yang notabenenya sangat jauh baik budaya, bahasa, perilaku, pola hidup bahkan mata uangnya. Kita berharap ketika merantau nilai tukar mata uang negara yang kita tuju lebih besar dibandingkan negara asal, dan hal ini bisa dibilang bahwa kita dapat menghasilkan uang dengan jumlah lebih banyak utnuk sebuah pekerjaan yang terbilang sama.

Sebutlah Hongkong, sebuah negara favorit untuk merantau atau menjadi TKI. Berapa nilai tukar uang rupiahnya ? Berapa gaji kita ketika bekerja menjadi pelayan restoran atau asisten rumah tangga bahkan sebagai karyawan pabrik ? Yang pasti nilainya akan berbeda ketika kita menjadi tenaga kerja di lokal dibandingkan di luar negeri. Dan kabar baiknya adalah ini akan menjadikan sebuah peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dan dapat dimanfaatkan untuk keluarga atau kebutuhan kita dinegara asal.

Dan tahukah anda ? dari banyaknya tenaga kerja kita yang merantau diluar negeri atau menjadi TKI, berapa banyak yang menggunakan uangnya untuk hal yang benar-benar berguna dibandingkan menjadi lifestyle di negara tujuan sana ?

Ya.. menggunakan uang hasil jerih payah kita bekerja adalah sebuah langkah untuk mencintai setiap rupiah yang kita hasilkan. Kita dapat menggunakannya untuk membangun bisnis di kampung halaman, mulai dari toko sembako, jual makanan atau mulai mencicipi bisnis properti yaitu kontrakan atau jual beli rumah. Mencintai rupiah tidak sekedar dengan menabung uang lalu kita ambil saat dibutuhkan, melainkan adalah bagaimana agar uang tersebut dapat berkembang dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang lain atau untuk mengembangkan usaha.

Cinta rupiah adalah mengelola uang hasil jerih payah kita dengan cara yang tepat, menggunakannya dengan cara yang baik dan efisien dan menghindari sifat sifat boros dan menghambur-hamburkan uang tanpa ada tujuan jelas. Cinta rupiah adalah memilih langkah untuk berkembang dengan menggunakan dana yang ada, agar kelak kita tak perlu merantau dalam jangka waktu bertahun tahun dan meninggalkan keluarga. Jadi, merantau adalah sebuah pilihan untuk tetap cinta rupiah dengan cara mengembangkan uang dari jerih payah usaha kita.

 

foto ributrukun

(Visited 85 times, 1 visits today)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *